Spoiler for Sedikit Infoh Tentang ABAH ALWI:
Nah sekarang kita Ngebahas Yang namanya tuh Trem :D
Sayang TSnya juga Blom Pernah Nyobain Naek trem, klo Busway sih sering
Langsung aja yah tanpa banyak basa basi
Quote:
Sejarah Trem Trem merupakan kendaraan yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Alat transportasi bernama trem mulai diperkenalkan di Batavia pada 1869. Trem pada masa itu ditarik oleh kuda. Meski "mesin penggeraknya" kuda, tapi jarak tempuhnya lumayan panjang, dari Kwitang ke Pasar Ikan. Lambat laun posisi trem kuda digantikan dengan trem bermesin uap pada 1881. Ketel uap yang ditempatkan dalam kaleng besar menjalankan lokomotif trem. Hingga tanggal 10 April 1899 trem listrik mulai beroperasi di Jakarta. Karena menggunakan uap maka jarak tempuh trem ini lebih jauh, dari Pasar Ikan ke Gajah Mada hingga Harmoni, berlanjut ke Kramat melalui Pasar Baru dan lapangan Banteng, kemudian ke Meester Cornelis (Jatinegara) melewati Salemba dan Matraman. Sekitar 20 tahun kemudian atau tahun 1901 trem listrik mulai diperkenalkan. Meski demikian, trem upa tetap beroperasi. Trem uap akhirnya berhenti beroperasi pada 1933 karena semua trem sudah menggunakan listrik. Foto tahun 1957 adalah stasiun Beos (Jakarta Kota) sementara trem listrik melintas di depan taman, yang kini sudah menjadi terminal busway (TransJakarta).Kata Beos merupakan ucapan lidah Betawi untuk kata perusahaan kereta api kala itu BOS. Singkatan dari kepanjangan Bataviasche Oossterpoorweg Maatchappij yang membuka jalur kereta api sejak 1887 ke Bekasi sepanjang sisi timur melalui Kemayoran, Pasar Senen, dan Medester Cornelis (Jatinegara). Liat Dah sepi bener siktar Glodok pada tahun 1950-an. Meskipun perusahaan KA Beos sudah berdiri sejak 1887, tapi stasiunnya yang kini juga dikenal dengan stasiun Jakarta Kota telah dibangun sejak tahun 1920-an dan hingga kini masih berdiri dengan megah. Stasiun Beos sebelumnya berada di depan Balai Kota (stadhuis ) yang kini menjadi Museum Sejarah DKI Jakarta. Sampai tahun 1960 sebelum dibongkar, trem listrik yang dimulai di Batavia sejak 1899, merupakan kendaraan yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebelum trem listrik di Batavia, muncul trem kuda (1869) disusul dengan trem uap (1881). Trem menelusuri sepanjang kotapraja Jakarta. Dari mulai Jatinegara sampai Pasar Ikan yang ketika itu merupakan salah satu pusat perdagangan dan perkantoran (Jl Kalibesar). Trem listrik mengoperasikan lima jalur, seperti Menteng - Kramat - Jakarta Kota. Senen - Gunung Sahari. Menteng - Merdeka Timur - Harmoni. Menteng - Tanah Abang - Harmoni.Beberapa orang tua menyatakan bahwa keunikan Jakarta di masa itu yang kini telah hilang adalah trem kota. Naik trem selain harganya murah sekitar sepicis atau sepuluh sen, juga praktis. Karena, hampir seluruh Kota Jakarta ketika itu dapat dilalui. Rakyat dengan mudah dapat menunggu trem yang berseliweran hanya tiap beberapa menit. Trem digusur pada 1960-an. Menurut Bung Karno, kendaraan yang ditiru dari Eropa ini tidak cocok untuk Jakarta. Lebih cocok kalau dibangun metro atau kereta api bawah tanah. Ketika trem dihapus, karena membongkarnya lebih mahal, terpaksa diaspal.*[mungkin digali masih ada gan ] Pada tahun 2005 pernah ada rencana untuk mengoperasikan lagi trem di Jakarta, lokasinya hanya terbatas di kota tua dengan tujuan untuk menghadirkan kembali wajah Jakarta tempo dulu. Namun demikian hingga kini masih belum terealisasi. Spoiler for Pict Trem Lainnya: |
PICT nya kalo ada yang pingin nambahin silakan,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar